AMIK Tri Dharma Palu Bakal Jadi Politeknik | AMIK Tri Dharma Palu
image

AMIK Tri Dharma Palu Bakal Jadi Politeknik

Direktur Akademi Manajemen dan Informatika Komputer (AMIK) Tri Dharma Palu Amir Makmur mengungkapkan rencana perubahan status pendidikan dari diploma menjadi S1 terapan yakni menjadi politeknik komputer.

Perubahan itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Menurut Amir, undang-undang itu membuka peluang dan berkah bagi perkembangan pendidikan akademi, termasuk AMIK Tri Dharma Palu.

Dia mengatakan, pendidikan akademi diberikan kesempatan untuk mengembangkan program keahlian, sarjana terapan, magister terapan dan doktor terapan.

Realisasi dari undang-undang tersebut, kata Amir, AMIK melalui Yayasan Pendidikan Tri Dharma Sulawesi Tengah tahun ini tepat diumur 20 tahunnya akan melakukan pengembangan status pendidikan.

“Direncanakan terdapat empat jurusan dan program studi berjenjang S1 terapan dan diploma yang akan dibuka AMIK,” ungkap Amir Makmur saat wisuda mahasiswa D3 di Aula Gedung Merry Glow, Jalan Maluku, Palu, Sabtu (31/1).

Amir mengakatan, langkah kebijakan yang diambil untuk S1 ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa.

“Kerja keras, dedikasi dan tekad masih tetap dibutuhkan dari seluruh civitas akademika untuk mewujudkan cita-cita dan amanah dari perintis dan pendiri AMIK Tri Dharma,” kata Amir.

Selain itu, dia juga berjanji akan terus meningkatkan mutu pendidikan dari lulusannya. Amir Makmur menjelaskan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ketangguhan daya saing, AMIK Tri Dharma Palu harus dikelola secara bisnis dengan mengaplikasikan manajemen yang profesional.

Dia menegaskan, pengelolaan secara bisnis tidak berarti mengkomersialkan pendidikan. Tetapi dengan pengelolaan secara bisnis akan diperoleh dana pendidikan yang memadai dari berbagai sumber yang memungkinkan untuk menjalankan program-program pengembangan perguruan tinggi ini.

“Dapat menghasilkan lulusan yang memiliki ketangguhan daya saing, diperlukan biaya tinggi dan tidak mungkin dijalankan dengan dana murah. AMIK rencananya akan mendirikan sentra bisnis. Memberikan kesempatan untuk mahasiswa dan dosen melakukan kegiatan kerja sama dengan berbagai pihak,” jelas Amir.

Lanjut Amir, untuk melakukan kegiatan bisnis yang bersifatnya saling menguntungkan ini dapat menjadi sumber pendanaan yang didapatkan selain dari pendapatan rutin SPP dan PBB mahasiswa.